Radang Selaput Otak Bisa Menular!

Radang Selaput Otak - Anda tau apa itu Meningitis? Adalah radang selaput otak yang ditandai dengan panas disertai gangguan neurologis seperti kejang dan kehilangan kesadaran. Jika seseoang mengalami demam dan terasa kaku ditengkuk patut diwaspadai orang tersebut mengalami radang selaput otak. Radang selaput otak yang bisa ditularkan melalui udara ini cukup jarang kita dengar tidak seperti penyakit lain. Penyakit yang sedang diderita Ashanti dalam beberapa kasus berakibat fatal dan tidak dapat disembuhkan. Untuk itu anda harus mengenal radang selaput otak (meningitis) ini agar bisa dihindari dan dicegah sedini mungkin. 


Radang selaput otak disebabkan 2 hal yaitu infeksi dan non-infeksi. Untuk yang infeksi, biasanya di akibatkan oleh bakteri, kuman, virus atau jamur. Dan radang non infeksi bisa disebabkan oleh kanker, gangguan auto imun, atau penggunaan obat tertentu, namun di Indonesia paling sering penyebabnya adalah dari virus dan bakteri. Radang selaput otak (meningitis) disebarkan melalui udara seperti saat anda batuk, bersin, ciuman, makan satu sendok dengan penderita, sikat gigi, dan beberapa kontak lain melalui udara. 

Penyakit ini menyerang semua umur dan bisa berakibat fatal karena yang diserang adalah bagian otak. Gejala dari radang selaput otak adalah nyeri di kepala, sakit kepala hebat yang tak kunjung sembuh hingga menyebabkan muntah-muntah, tegang di leher dan disertai demam tinggi atau rendah, bisa sekitar 37 atau 37,5 derajat celcius. Anda harus memperhatikan gejala yang paling jelas terlihat pada anak-anak yaitu rewel, lemas, tidak aktif seperti anak-anak pada umumnya, demam dan parahnya jika sampai kejang-kejang.
Pencegahan radang selaput otak (meningitis) adalah:

-Hidup Bersih

Biasakan mencuci tangan setelah melakukan aktifitas dan juga setelah memegang barang yang paling banyak bakterinya seperti handphone, uang dan benda-benda yang ada ditempat umum, jika perlu sediakan hand sanitizer.

-Menjaga Daya Tahan Tubuh

Sebaiknya anda selalu dalam kondisi prima, makan makanan yang bernutrisi, lakukan olahraga dan punya waktu istirahat yang cukup.

-Vaksinasi

Vaksinasi merupakan pelindung primer dari penyakit, apalagi meningitis merupakan penyakit menular melalui udara. Vaksin akan bekerja setelah dua minggu dan bertahan selama tiga tahun. Untuk itu rutinkah melakukan vaksin agar terhindar dari radang selaput otak.

-Hidari Kontak Langsung

Anda harus menghindari kontak langsung dengan penderita, penyakit ini cukup mudah menular dengan saling tukar sikat gigi, sendok.

Yang harus anda lakukan jika terdapat gejala radang selaput otak.

1. Jika terjadi demam pada anak-anak, anda harus lebih perhatian kepada gejala demam yang dideriat andak anda.
2. Langsung bawa kedokter, jangan biarkan berlama-lama dan jangan ragu untuk membawa kedokter jika terdapt gejala miningitis. Radang selaput otak bisa ditangani lebih cepat jika diketahui lebih awal.
3. Anda jangan takut menanyakan informasi mengenai radang selaput otak kepada dokter atau anda bisa mencari tahu diinternet.

Semoga radang selaput otak tidak menyerang keluarga anda atau orang disekitar anda.
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Bagalimang Informasi - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger